Saturday 23 July 2016

Mesin Bubut


I.     PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Mesin bubut merupakan salah satu mesin proses produksi yang dipakai untuk membentuk benda kerja yang berbentuk silindris. Pada prosesnya benda kerja terlebih dahulu dipasang pada chuck (pencekam) yang terpasang pada spindel mesin, kemudian spindel dan benda kerja diputar dengan kecepatan sesuai perhitungan. Alat potong (pahat) yang dipakai untuk membentuk benda kerja akan disayatkan pada benda kerja yang berputar. Umumnya pahat bubut dalam keadaan diam, pada perkembangannya ada jenis mesin bubut yang berputar alat potongnynya, sedangkan benda kerjanya diam. Dalam kecepatan putar sesuai perhitungan, alat potong akan mudah memotong benda kerja sehingga benda kerja mudah dibentuk sesuai yang diinginkan. Dikatakan konvensional karena untuk membedakan dengan mesin-mesin yang dikontrol dengan komputer (Computer Numerically Controlled) ataupun kontrol numerik (Numerical Control) dan karena jenis mesin konvensional mutlak diperlukan keterampilan manual dari operatornya.
Mesin bubut terbagi dalam dua kelompok berdasarkan versinya yaitu mesin bubut konvensional dan mesin bubut CNC (control numerical computer). Mesin bubut konvensional sistem kontrolnya secara umum masih manual, kendati pada kondisi-kondisi tertentu bisa dikontrol secara otomatis dengan tuas otomatis. Sedangkan mesin bubut CNC sistem kontrol sudah sangat modern. Oleh sebab itu, mesin bubut CNC lebih akurat dalam pengerjaannya dan mudah dalam pengoperasian.

B.     Tujuan Praktikum
Tujuan dari praktikum pengenalan mesin bubut ini adalah supaya praktikan dapat memahami prinsip kerja mesin bubut dalam proses produksi dan mahir dalam mengoperasikannya.


II.      TINJAUAN PUSTAKA

Mesin bubut merupakan salah satu jenis mesin perkakas. Prinsip kerja pada proses turning atau lebih dikenal dengan proses bubut adalah proses penghilangan bagian dari benda kerja untuk memperoleh bentuk tertentu. Di sini benda kerja akan diputar/rotasi dengan kecepatan tertentu bersamaan dengan dilakukannya proses pemakanan oleh pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan (feeding)(Anonim, 2010).


Download Selengkapnya





No comments:

Post a Comment